Buah Nangka, Ampuh Untuk Menjaga Imunitas Di Dalam Tubuh

Nangka adalah jenis buah dengan kulit buah berduri dan aroma buah yang sangat harum. Buah ini sangat populer karena memiliki rasa yang cukup manis. Selain rasanya yang manis, nangka juga bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya. Berikut ini beberapa manfaat nangka yang harus Anda ketahui.

Buah Nangka, Ampuh Untuk Menjaga Imunitas Di Dalam Tubuh

Manfaat nangka bagi tubuh Manusia

Sebelum anda melangkah lebih jauh mengenai  manfaat dari buah nangka, maka harap dicatat bahwa  terdapat sebuah manfaat dari buah nangka yang dapat anda peroleh untuk kesehatan tubuh karena kandungan thiamin, riboflavin, kalium, kalsium, zat besi, niasin dan vitamin A dan C. Selain itu, buah ini juga mengandung serat rendah kalori, baik untuk penderita penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa manfaat nangka yang bisa Anda dapatkan, termasuk:

1. Kanker

Manfaat pertama nangka adalah kemampuannya mengatasi kanker. Kanker hanya bisa diobati dengan mengonsumsi nangka secara teratur. Ini karena nangka mengandung banyak antioksidan, flavonoid, dan fitonutrien yang dapat mencegah stres oksidatif yang menyebabkan sel kanker.

Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam nangka dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan penting yang membantu mencegah kanker payudara. Ketika semua zat dan nutrisi ini digabungkan, Anda menjadikan nangka sebagai makanan yang berpotensi melawan kanker.

2. Tingkatkan kepadatan tulang

Manfaat penting lain dari nangka adalah menjaga kepadatan tulang. Tulang sangat penting untuk menjaga kesehatan agar masalah seperti keropos tulang tidak terjadi. Secara umum, banyak orang menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium.

Namun, kalsium tidak hanya diperoleh dari susu, nangka juga mengandung lebih banyak kalsium dan vitamin C, yang membantu menyerap lebih banyak kalsium. Hasilnya, tulang Anda menjadi lebih padat dan terhindar dari masalah keropos tulang.

Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Karena itu, makan nangka setiap hari membantu mencegah dan mengurangi gejala gangguan tulang seperti osteoporosis dan radang sendi. Kandungan kalium dalam nangka juga berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang yang kuat

Sementara itu, kandungan magnesium dalam nangka memiliki fungsi memperkuat tulang dan memastikan bahwa tulangnya diberi makan. Magnesium bekerja dengan menyerap kalsium dan ini tidak membuat tulang mudah keropos.

3. Pertahankan tekanan darah

Tekanan darah dalam tubuh harus stabil. Karena jika tekanan darah terlalu tinggi, itu menyebabkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, dan lainnya.

Demikian juga, tekanan darah yang terlalu rendah tidak baik untuk kesehatan Anda. Untuk mengatasi tekanan darah yang tidak stabil, Anda perlu mendapatkan manfaat nangka.

Manfaat nangka dipercaya bisa menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Ini karena nangka mengandung kalium, yang mengatur kadar natrium dan dengan demikian membantu menjaga kenaikan tekanan darah. Kalium adalah senyawa yang baik untuk kesehatan Anda.

Karena itu, tidak ada salahnya mengonsumsi nangka sehingga aliran darah Anda tetap teratur.

Ingatlah bahwa manfaat nangka tidak terbatas pada daging. Ternyata daunnya juga memiliki manfaat kesehatan yang baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa daun nangka mengandung bahan-bahan tertentu yang dapat menurunkan kadar gula darah.

4. Mencegah anemia

Ketika tubuh kekurangan darah merah atau anemia, Anda merasa lemas dan lelah, yang membuat Anda enggan melakukan banyak aktivitas. Untuk mengatasinya, Anda perlu memanfaatkan nangka untuk mengatasi kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh organ tubuh.

5. Baik untuk wanita hamil

Banyak orang berpikir bahwa nangka harus dihindari oleh wanita hamil, karena hal ini dapat menyebabkan keguguran. Namun, asumsi ini hanya mitos dan tidak ada bukti ilmiah yang ditemukan untuk mendukung pernyataan ini.

Nangka memiliki kandungan vitamin B3 yang kaya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur hormon dan mengontrol stres pada wanita hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *